Rabu, 06 Juni 2012

Jati diri manusia

“SIAPAKAH AKU?
-    Darimana asalku, dan hendak kemana aku menuju?
-    Untuk apakah aku diciptakan-Nya?
-    Apa cita-sitaku?
-    Siapa musuhku?
-    Siapa istriku / suamiku?
-    Siapa anakku?
-    Apakah kompas hidupku?
-    Siapakah tokoh idolaku?
-    Berapa lama jatah yang diberikan-Nya padaku untuk tinggal di dunia?
-    Kemanakah aku akan pergi setelah itu?
-    Bagaimana keadaanku nanti disana? Makin susah ataukah senang?



BAB  VII
TENTANG SEBELUM DIJADIKAN ALAM

7.1. ALAM DAN RAHASIANYA.
Inilah kitab yang membicarakan sebelum alam ini dijadikan. Bermulah Allah menjadikan Nyawa Muhammad, lalu Tuhan melihat kedepan tiada sesuatu yang dilihatnya; kemudian melihat ke belakang, kekanan, dan kekiri namun tiada melihat sesuatu pun. Sedangkan Ia ingin disembah dan dipuji, tidak ada yang memuji dan menyembahnya.
Maka dijadikanlah dirinya didalam dirinya, kemudian melihat ke atas dan dikatakannya; Alif (  ), keluarlah Nur, inilah Rahasianya Muhammad; melihat ke atas jadilah Arsy. Melihat ke bawah jadilah Rahasianya. Kemudian Tuhan melihat ke depan dan dikatakannya “I” (  ), keluarlah Nur; inilah Nyawanya Muhammad, melihat ke atas jadilah Kursiyah, melihat ke bawah inilah Nyawanya.
Kemudian Tuhan melihat ke kanan dan dikatakan “U” (  ), keluarlah Nur menjadi hatinya Muhammad, menengok ke atas inilah syurga menengok kebawah menjadi hatinya.
Kemudian Tuhan melihat ke kirinya dikatakannya “Ha” (  ), keluarlah suatu Nur, inilah Misalennya Muhammad, menengok ke bawah jadilah missalengnya.
Kemudian Tuhan melihat ke belakang dan dikatakannya “Hi” (  ) , keluarlah suatu Nurung yang menjadi akalnya Muhammad, menengok ke atas jadilah Lahan-Mahfud, menengok ke bawah jadilah akal Muhammad.
Kemudian Tuhan melihat ke bawah dan dikatakannya “Hu” (  ), keluarlah suatu cahaya, inilah bayang-bayangan Muhammad, menengok ke atas inilah hati kecil (Ininnowa), menengok kebawahnya jadi Rupa.
Kemudian Tuhan melihat kedalam diri-Nya, inilah yang menjadi Hatinya Muhammad, inilah yang dinamakan Halus. Menengok keatas inilah yang menjadi Rasa, Menengok kebawah inilah yang menjadi Air Mani.
Kemudian Tuhan melihat ke sekeliling-Nya, dikatakan-Nya “Hua Hua” (  ), menyebarlah cahayanya, maka jelaslah Nur Muhammad didalam cahayanya laut kenyataannya Allah Ta’ala didalam cahayanya Muhammad, dikatakannya dirinya Tuhan, maka dinampakkanlah dirinya Tuhan dihadapan Muhammad, kemudian Tuhan berkata; “Jadi adakah engkau yang menjadikan dirimu sehingga engkau melupakan Nyawamu disujudkan di Baitul Maujudi?”  Maka berkatalah Muhammad: “Engkau baru kulihat, maka sebaiknya kita masing-masing bersembunyi, barang siapa yang didapat itulah yang menjadi Hamba, yang tidak dapat diketemukan itulah yang menjadi Tuhan”.
Bersembunyilah engkau Muhammad terlebih dahulu, Aku yang mencari. Maka bersembunyilah Muhammad di Wajah, di missaleng, di akal, namun setiap persembunyiannya senantiasa diketemukan oleh Tuhan.
Berkatalah Muhammad, bersembunyilah, aku yang mencari. Maka bersembunyilah Tuhan di waktu 5 (lima), namun Nur Muhammad tidak menemukannya, maka berkatalah Tuhan: “Carilah aku sungguh-sungguh, kemudian Tuhan berpindah menyembunyikan dirinya di Rahasia, juga Muhammad tidak menemukannya, sehinga Muhammad berseru: “Dimanakah Engkau bersembunyi, sedangkan suara-Mu kedengaran tapi aku tak melihat?” Maka Tuhan berkata: “Aku bersembunyi di Rahasia” lalu Muhammad mencarinya di Rahasia, namun Muhammad tidak dapat membuka matanya, dikarenakan cahaya terang yang tidak dapat ditembus, sehingga Muhammad berkata: “Sudahlah nyatakanlah diri-Mu, Engkaulah yang menjadi Tuhan”, maka berkatalah Tuhan: “Mana tanda kepercayaan-Mu dan dimana letak berdiri kepercayaanmu?”  Maka dikatakanlah Muhammad: “ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH (  )”, lalu Tuhan menjawab: “WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH (  )”.
Ketahuilah olehmu Muhammad “Rupa” itu Sifat-Ku dan nama bagimu, “Waktu” itu Sifatmu. Berkatalah Muhammad: “bagaimana sehingga Wajah itu namaku sedangkanadalah Sifat-Mu? 
Berkatalah Tuhan : adalah Rupa (Wajah) itu namamu dan Sifat-Ku, karena itulah Aku ingin disembah, dipuji, dikenal, dikasihi, digembirai, sedangkan semua itu tidak dapat dilakukan-Nya. Sehingga dengan demikian kujadikan diri-Ku dalam diri-Ku.
 “Waktu” itu Nama-Ku dan Sifat itu Rupa-Ku, sebab Aku jugalah yang sembah diri-Ku. Sesuai dengan dalil:   (  )
Artinya: Adapun yang disembah dan menyembah itu satu.
Jadi Aku yang memuji diri-Ku, dan mengasihani diri-Ku, dan engkau kujadikan yaa Muhammad Akulah yang menjadikan diri-Ku, dalam diri-Ku, adamu itu ada-Ku-lah itu. Kenyataanmu itu kenyataan-Ku-lah itu. Ketahuilah olehmu Muhammad  Ada-mu pada Nama-Ku yang sesungguhnya di dirimu.
    Adapun     Sifat-Ku,     ada pada    DIAMMU;
    Adapun     Rupa-Ku,     ada pada    I’TIKADMU;
    Adapun     Diri-Ku,     ada pada    MANFAATMU;
    Adapun     Lahir-Ku,     ada pada    GERAKMU;
    Adapun     Perbuatan-Ku,     ada pada    PERBUATANMU;
    Adapun     Rahmat-Ku,     ada pada    PERKATAANMU YANG BENAR;
    Adapun     kehendak-Ku,     ada pada    HAJATMU;
    Adapun     kekekalan-Ku,     ada pada    HATIMU YANG BAIK, TEMPATNYA MUHAMMAD.


7.2.  Fungsi-Fungsi Yang Dibebankan Allah Swt.
1)    Fungsi Rahasia    ; Kebenaran dan Alam;
2)    Fungsi Nyawa        ; Penglihatan dan Nama-Ku;
3)    Fungsi Hati        ; Niat dan Pengenalan;
4)    Fungsi Missaleng    ; Angan-anagn dan Kekuasaan;
5)    Fungsi Akal        ; Yang Nyata dan Kebingungan;
6)    Fungsi Bayang-bayang    ; Kepintaran dan Kebodohan
7)    Fungsi Nur        ; Pertimbangan dan Pengetahuan.
Apa sebabnya Engkau jadikan yang tujuh itu?
    Aku jadikan yang tujuh itu sebab Aku ingin disembah.
Dimanakan yang disembah dari yang tujuh itu?
    Aku disembah     Nur     pada     bayang-bayang;
“    Bayang2       “      Missaleng;
“    Missaleng       “      Hati;
“    Hati       “      Nyawa;
“    Nyawa       “      Rahasia;
“    Rahasia       di      Diri-Ku,   dan  
Akulah yang sembah diri-Ku.

Apa penyembahan Rahasia Pada-Mu Yaa Allah?
    Penyembahan     Rahasia     itu, ketika ia mengatakan :     “A” (  ).
    Penyembahan     Nyawa    itu, ketika ia mengatakan :     “I” (  ).
    Penyembahan     Hati    itu, ketika ia mengatakan :     “U” (  ).
    Penyembahan     Mussaleng    itu, ketika ia mengatakan :     “Ha” (  ).
    Penyembahan     Akal    itu, ketika ia mengatakan :     “Hi” (  ).
    Penyembahan     Bayang2    itu, ketika ia mengatakan :     “Hu” (  ).
    Penyembahan   Nur    itu, ketika ia mengatakan :   
“Engkaulah Yang Kusembah Yaa Allah”.

    Adapun kenyataannya    Rahasia     “A”     (  ).
    Adapun kenyataannya    Nyawa    “I”     (  ).
    Adapun kenyataannya    Hati    “U”     (  ).
    Adapun kenyataannya    Missaleng    “Ha”     (  ).
    Adapun kenyataannya    Akal    “Hi”     (  ).
    Adapun kenyataannya    Bayang2    “Hu”     (  ).

    Adapun kenyataannya    Alif, Rasa, Nyr Muhammad, Mani    “  ”   (  ).
    Adapun Perbuatan Muhammad itu    “Antara”
    Adapun yang dinamakan “Nama Dirimu” artinya “Kita Berdua Berdiri, Akaulah itu Muhammad.
    Adapun yang dinyatakan “Engkaulah itu Muhammad, itulah dinamakan kata: “ HIDUP TAK MATI”, artinya yang disuruh dan yang menyuruh.

Yang mengetahui hal itu serta dibenarkannya, panjang umurnya,dan disukai oleh para penguasa, dipercaya oleh orang lain, dihindarkan dari bahaya ujian Tuhan.

Ketahuilah pula kemunculannya NURUN :
    Nurun     muncul pada    bayang2
    Bayang2    muncul pada    Akal
    Akal    muncul pada    Missaleng
    Hati    muncul pada    Nyawa
    Nyawa    muncul pada    Rahasia
    Rahasia    muncul pada    Nurun
    Nurun    muncul pada    Tuhannya.
Dari situlah kita dating dan disitu pula kita kembali.
Kenalilah Aku sungguh-sungguh Muhammad bahwa, “Kita tidak berpisah”
Aku jadikan segala sesuatu karenamu, sedang engkau untuk-Ku.
Muncullah engkap pada kenyataan, Ku nyatakan engkau dan Ku lindungi engkau.



BAB  VIII
P E N G E R T I A N.

8.1.  ALIF SERTA SUMBERNYA
Adapun kenyataan serta pengertian Alif itu bersumber dari titik atau Zarra atau Nyawa-berlindung. Yang dinamakan Nyawa berlindung yakni Rahasia atau Cahaya Zat dan Sifat itulah yang memperkenalkan Tuhan. Adapun iman itu tempatnya Rahasia   . Artinya Rahasia adalah Cahaya Hati-Nurani, ketika baris atas, bawah dan titik itu terbagi, maka jadilah 4 (empat) huruf, pertama Alif, kedua Lam dimuka, ketiga Lam dibelakang, dan keempat ha, inilah lafasnya        (Allah SWT).

8.2.  NYAWA MUHAMMAD DINAMAI MA’RIFAT
Nyawa kita dinamakan Haqiqat, angan angan kita dinamakan Thariqat, Tubuh kita dinamakan Syariat ialah pengetahuan tentang pengenalan diri didalam Tubuh kita.
Apabila Nyawa itu melihat pada Allah SWT, Rahasia namanya.
Apabila Nyawa melihat pada Alam, Iman namanya.
Apabila Nyawa melihat pada Akhirat, Nyawa namanya.
Apabila Nyawa melihat ke dunia, Badan jasmani namanya.
Apabila Nyawa melihat kepada badan jasmaninya, hati kecil namanya.


Artinya :    adapun ilmu pada Allah, kebodohan terhadap sesuatu; adapun ma’rifat kepada Allah, menyangkali diri; adapun bertauhid kepada Allah, keheran-heranan.


8.3.  TENTANG TAFAKKUR
Nabi Muhammad SAW berkata kepada saya Ali; ketahuilah bahwa keluar masuknya nafas itulah yang dikatakan sembahyang bathin selamanya tidak membedakan antara siang dan malam dan diwaktu tidur dan diwaktu jaga.
    Apabila nafas keluar dikatakannya       (LAA)
    Apabila nafas masuk dikatakannya        (LU)
    Itulah nama Tuhan serta nama Nabi yang tidak berpisah atau dinamakan “syahadat-DUA”
    Penerimaan beberapa wali tentang keluar masuknya nafas :
1).     Keluar nafas    :    Sunnah
Shalat dirinya “Tubuh”
    Masuk nafas    :    Fardhu   
    Tanda kematiannya :    •    Ada yang dilihat seperti keranjang cermin, didalamnya ada orang seperti wajahnya diwaktu ia masih muda.
•    40 (Empat puluh) malam sesudah ia melihat lalu ia meninggal;  empat puluh malam didalam kubur, lalu naik ke syurga pertama.

2).     Keluar nafas    :    Ilmu
Shalat dirinya “Iman”
    Masuk nafas    :    Pengetahuan   
    Tanda kematiannya :    •    Ada yang dilihat seperti lampu lilin dikepalanya, terus naik ke langit
•    Tiga puluh (30) malam sesudahnya itu, ia meninggal, sekian malam didalam kubur lalu naik ke syurga yang kedua.
•    Pegangannya pada Qur’an 30 juz.
3).     Keluar nafas    :     Dunia
Shalat dirinya “Akal ”
    Masuk nafas    :     Akhirat   
    Tanda kematiannya :    •    Ada yang dilihat dikepalanya cahaya keluar, lalu naik ke langit
•    Dua puluh malam setelah itu lalu ia meninggal, sekian malam ia didalam kuburnya ia naik kelangit ketiga.
•    Pegangannya “Sifat Dua Puluh”
4).     Keluar nafas    :     Hamba
Shalat dirinya “Missaleng ”
    Masuk nafas    :     Tuhan   
    Tanda kematiannya :    •    Ia melihat sesuatu seperti telur, didalamnya ada seperti masjid, cermin didalamnya, ada orang seperti wajahnya diwaktu mudanya.
•    13 (tiga belas) malam merikutnya ia meninggal, sekian malam pula ia didalam kuburnya lalu ia naik ke syurga yang ke 4 (empat).
•    Berdirinya Rukun 13.
5).     Keluar nafas    :     Sifat
Shalat dirinya “ Hati Sanubari”
    Masuk nafas    :     Zat   
    Tanda kematiannya :    •    Ia melihat nur yang berdiri di pusatnya, seperti terangnya bulan ke 14, didalamnya ada orang seperti wajahnya diwaktu mudanya.
•    Lima malam sesudahnya ia meninggal, dan sekian lama juga dikuburnya, ia naik ke syurga yang ke lima.

6).     Keluar nafas    :     Nabi
Shalat dirinya “Hati Nurani ”
    Masuk nafas    :     Tuhan   
    Tanda kematiannya :    •    Ia melihat “seperti rambut” berdiri diantara kedua matanyasampai ke syurga, di dalamnya ada Nur yangmerah seperti matahari.
•    3 (tiga) malam sesudahnya ia meninggal, sekian malam juga di dalam kuburnya, ia naik ke syurga yang ke 6 (enam).
•    Penerapannya dalam tafakkur : “ Mulut ditutup, nafas melalui hidung”.

7).     Keluar nafas    :     Rupa Tuhan
Shalat dirinya “Nyawa ”
    Masuk nafas    :     Wali Tuhan   
    Tanda kematiannya :    •    Ia melihat seperti busa-busa emas sampai di langit (bulan) berdiri diantara kedua kening seperti “rambut yang hijau” melekat di Arsy, ada juga seperti bulan 14 munculnya.
•    1 (satu) malam kemudian ia meninggal, semalam juga dikuburnya ia laik ke syurga yang ke 7 (tujuh).
•    Diberikan perasaan seperti orang yang sedang bersetubuh ni’matnya. Inilah berdirinya “Jibril”.

8).     Keluar nafas    :     Ia  (  )
Shalat dirinya “ Rahasia”
    Masuk nafas    :     Ia  (  )   
    Tanda kematiannya :    •    Ia melihat permata yang jernih gilang gemilang, menjadi orang seperti dimasa mudanya, bercahaya wajahnya dan dirinya. Itulah “Halus Kita” keluar, itulah juga Nurun, Itulah juga yang menjadi Tubuh kita.
•    Pada saat lepasnya Nyawa, diberikan perasaan seperti keluarnya mani. Pada hari kematiannya itulah ia dikuburkan, hari itu juga ia naik ke syurga yang ke 8 (delapan) di “Arsy Kursyiyah”.
•    Inilah yang tidak menunggu bacaan talqin.
•    Inilah berdirinya Muhammad,
•    Inilah yang dinamakan:
→    “shalat yang berkekalan dan berkepanjangan”.
→    Tali yang tidak putus pada Allah.
→    Kain Kafan yg tidak hancur bagi Ahli Sunnah Wal Jama’ah.



8.4.  HAKIKAT SHALAT YANG SEBENARNYA.
    Jika kita berdiri untuk shalat, pada haqiqatnya Alif (  ) itulah yang berdiri untuk shalat.Maksudnya: Naikkan terlebih dahulu nafasmu kemudian berdiri,artinya; Nyawa yang terlebih dahulu berdiri, kemudian Tubuh sebab tidak mungkin Tubuh yang dapat mendirikan Nyawa, sebaliknya Nyawa itulah yang mendirikan Tubuh. Jangan bertentangan perbuatan Tubuh dengan Nyawa, karena yang demikian itu sama halnya dengan orang yang menserikatkan Tuhan.
Hal ini diibaratkan bahwa, Nyawa itu ibarat Imam terhadap Tubuh, sudah tentu Imam itu terdahulu yang berdiri kemudian ma’mum. Itulah sebabnya maka “Imam” itu wajib diketahui. Bilamana ada orang yang bertanya siapa Imammu dalam shalat, maka jawablah bahwa “Al-Qur’an itulah Imamku”.   (    )
Apa artinya Al-Qur’an itu?    Al-Qur’an itu Kalamullah atau perkataan Tuhan, dan Tuhan itu bersifat Qadim, jadi Al-Qur’an itupun Qadim. Jadi pada haqiqatnya Tuhan itulah Imam, tanpa demikian ini berarti shalatnya tidak sah. Sebab yang dimaksudkan shalat disini ialah Dhahirnya perbuatan.
“Dhahir” artinya perbuatannya Tuhan pada kita. Allah juga pada haqiqatnya. Sehingga kita bersatu kata atau sekata dengan Imam (Imam dengan Ma’mum).
Dikatakan “Imaman Lillahi Ta’ala”, artinya Imam karena Allah Ta’ala.
Dikatakan “Ma’muman Lillahi Ta’ala”,  artinya Ma’mum karena Allah Ta’ala. Imam itulah yang menggerakkan ma’mum, demikian pulalah Nyawa itulah yang menggerakkan Tubuh, dan tidaklah Nyawa itu dapat bergerak jika tidak karena kehendak Tuhannya.
    Bila hendak Ruku’, turunkan nafasmu dahulu, kemudian badanmu ruku’.
    Begitu pula I’tidal (Sami Allahu Liman Hamida), naikkan kembali nafasmu, kemudian tegak.
    Sujud juga demikian,  turunkan dahulu nafasmu, kemudian sujud.
    Lawan sujud juga demikian, naikkan dahulu nafasmu, kemudian mengangkat kepala (kembali duduk).
    Demikianlah Nafas itu diikuti naik turunnya, begitulah Imam para Nabi termasuk Nabi Muhammad saw., dan para Wali.
    Inilah yang dikatakan “IMAM TANPA DI IMAMI”.
    Bila ada orang yang memakai (memperkenalkan) hal ini, maka itulah orang yang sah dijadikan Imam.
    Jadi bila ada orang yang menjadi Imam sedang ia tidak mengetahui hal ini, sedang  Ma’mumnya ada yang mengetahui, maka dikatakanlah “IMAM YANG DIIMAMI OLEH MA’MUM”.
    Selanjutnya bila sudah membuang Takbiratul Ihram, tahanlah nafasmu sebentar, itulah yang dikatakan “Lenyap Kepada Nur Muhammad”.
    Adapun yang dibicarakan masalah Nahwu dan Sharaf, “huruf” Baris, dan Lagunya”. Jadi hanya masalah “Lafaz”.
    Bila dikatakan bahwa “Kata-Kata Tuhan Itu Bukan Huruf, Bukan Suara, Bunyi, Tidak Berawal, Tidak Berakhir, Dan Tidak Tasdik”, maka bingunglah orang-orang Nahwu dan Sharaf. Sebab bukan Huruf.  Bahkan baris 3 (tiga) Alif (   ) itu tidak dilihat oleh Nahwu dan Logat. Sebab huruf tidak bersambung. Sebab Alif yang ditulis dengan tinta itu menunjuk kepada Alif yang bukan tinta. Sedangkan Alif yang bukan tinta itu menunjuk kepada kata-kata Tuhan.

8.5.  TANDA KEMATIAN.
Bila tanda kematian telah tiba, maka hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah :
-    Perbanyaklah bertobat kepada Allah swt, atas segala kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat lahir maupun bathin, besar atau kecil, sengaja maupun yang tidak disengaja.
-    Perbanyaklah berdzikir kepada Allah swt :
-    Laa Ilaaha Illallah         (  )
-    Allah,  Allah        (  )
-    Hua,  Hua             (  )
-    Ah,  Ah            (  )
-    Serahkan dirimu sepenuhnya, artinya gaibkan dirimu kepada Nur Muhammad, dengan demikian sampailah engkau atau kekallah engkau pada Zat Allah swt.  Sebab mustahil akan bercerai Nur dengan yang punya Nur, laksana matahari dengan cahayanya.  Insya Allah selamatlah engkau.
-    Sangkalah dirimu didalam rahmat Tuhanmu, jika engkau menyangka dirimu disiksa, maka disiksalah engkau, bila menyangka dirimu diselamatkan dari segala bahaya, maka diselamatkanlah engkau.
-    Adapun tanda itu harus, artinya; boleh jadi ada, boleh jadi tidak ada, tergantung kepada kehendak Allah swt. Hanya kematian itu yang pasti adanya.
Adapun tanda kematian itu sebagai berikut :
-    Melihat Nur yang lebih terang dari cahaya matahari.
-    Melihat ke langit tujuh susun tanpa halangan sampai pada Arsy Qursyiyah.
-    Melihat Nur yang terang, tiba-tiba ada seorang laki-laki berpakaian hijau berdiri disebelah kananmu lalu memegang telunjukmu dan berkata; “Lupakan saja dunia yang gelap ini, akhirat itulah yang terang, kesanalah engkau, dan Allah lebih mengetahuinya”, Muhammad itu yang mendatangimu dan katakanlah :
“  “ 
“Asyhadu An Laa Ilaaha Illallah, Wa Asyhadu Annaka Muhammadan Rasuulullah”
Artinya: Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan selain Allah, dan Anda adalah Muhammad Rasulullah.
-    Selanjutnya melihat Nur yang tidak dimengerti tak ada seumpamanya, muncul lalu lenyap, muncul lagi dan segala sesuatu sudah pada sujud, itulah tanda akhir hidupmu di duniaini, tidak akan kembali lagi untuk selama-lamanya.
-    Adapun perasaanmu lebih nikmat daripada bersetubuh antara suami dengan isteri. Bias saja terjadi kalau diketahui jalannya, dan sehubungan dengan hal itu ada hadits Qudsi yang menunjangnya, yang artinya: “Ingatlah Aku (Allah) diwaktu senangmu, maka Aku (Allah) mengingatmu diwaktu susahmu”.
Pertanyaan: - Manusia diwaktu senang, kapan? Dan manusia diwaktu susah, kapan? Dan bagaimana caranya mengingat Allah diwaktu senang?
-    Adapun orang yang bias mendapatkan kenikmatan itu, tanda-tandanya: Basah disekitar alat kelaminnya, karena keluarnya air mani ketika berpisahnya Tubuh dengan Nyawa.
8.6.  AQIDAH DZIKIR.
-    Sewaktu mengucapkan ; Laa Ilaaha (  ) ; niatkan dirimu lenyap bersama Nur Muhammad pada Dzat Allah;
-    Kemudian mengucapkan: Illallah (  ) ; niatkan dirimu kekal bersama Nur Muhammad pada Dzat Allah.
                      
h        lla        a   
illallah        ilaaha        la   
-    Laa Ilaaha,     artinya menafikkan atau meniadakan;
-    Illallah,     artinya mengisbatkan atau mengadakan pada wujud Allah.
-    Hati yan menarik, Nyawa yang ditarik, Rahasia tempat menarik.
-    Cahaya Cermin     itu adalah tempat     Manusia;
-    Cahaya Intan     itu adalah tempatnya     Muhammad;
-    Cahaya Jamrud     itu adalah tempatnya     Allah swt;
-    Maka dimasukkanlah diri-Nya didalam Cahaya Cermin, kemudian berpindah ke Cahaya Intan, kemudian ke Cahaya Jamrud didalam Nur Ilahi bersama Muhamad.
-    Demikianlah cara pengembalian serta pengekalan diyeickh Abdul Qadir Jailani.
-    Ketahuilah bahwa :
-    Dzat Allah itu     bathin pada Nyawa Muhammad, sehingga tidak ada pemisahan antara Hati Nurani (Nyawa kita) dengan Nyawa Nabi kita serta Dzatnya Allah, artinya; tubuh itu dapat bergerak, berkehendak, kuasa, hanya karena perintah dari Nyawa kita.  Sedangkan Nyawa dibawah perintah Nur Muhammad, sehingga ia dapat bergerak, kuasa dan mengetahui.
-    Adapun Nyawa Muhammad, nyata pada Dzatnya Allah, menurut dalil yang mengatakan :    ---------------
Artinya: Seandainya bukan karena engkau Muhammad, Aku tidak menjadikan segala sesuatu.
Arti Haqiqatnya: “Tidak berpisah Nur dengan yang punya Nur”.

8.7.  MENGENAL MANUSIA.
Mengenal diri    : == Tubuh, Hati, Nyawa, Rahasia, itulah bernama “Manusia” atau “Orang”.
Mengenal Allah     : == Dzat, Sifat, Nama, Af’al.
mannnnnnnnnnnnnnnn
-    Yang memerintah     Tubuh kita     Af’al (Perbuatan) pada Allah;
-    Yang memerintah     Hati kita     Nama     pada Allah;
-    Yang memerintah     Nyawa kita      Sifat    pada Allah;
-    Yang memerintah     Rahasia kita     Dzat    pada Allah;
Sabda Nabi Muhammad SAW:

Artinya : Pengenal pada diri ada empat: Tubuh, Hati, Nyawa, dan Rahasia.


Artinya : Beginilahpengenal pada diri (tubuh) kita serta Tuhan.

Artinya : Ketahuilah Kekuasaan Tuhan dan Kehendaknya dalam segala sesuatu tiada yang mencampurinya.
Artinya : Semua kata-kata dan kalimat itu adalah kata-kata dan kalimat Tuhan.

Artinya : Pengllah dengan meng-Esakan (men-Tauhidkan) Allah.

Artinya : Tidak sempurna Islam seseorang, kecuali mengenal Iman
Yang dikatakan orang beriman ialah, orang yang “Mengenal Dirinya, Mengenal Tuhannya”.


Artinya : Hati orang beriman, Rumah Allah.


8.8.  TENTANG KELUAR MASUKNYA NAFAS.
Adapun bilangan keluar masuknya nafas dalam sehari-semalam sesuai dengan bilangan huruf Al-Qur’an = 32.005.345 (tiga juta lima ribu tiga ratus empat puluh lima).

Syahadat

    Adapun Syahadat itu, “Hidupnya” Allah yang dijadikan Tubuh pada kita. Isyaratkan  bahwa Tubuh kita tidak bercerai dengan Hidupnya Allah swt.


Satinja

    Adapun Satinja itu, Cahaya Allah yang menjadi kesucian pada hati kita, menjadi rumah-Nya orang mu’min. Isyaratkan bahwa kesucian kita tidak berpisah dengan Nur Allah swt. Jadi Hati kita tidak terpisah dengan Halusnya Allah swt.



Junnu’

    Adapun Junnu itu, Halusnya Allah yang dijadkan Rasa Ni’mat pada diri kita. Diisyaratkan, tidak berpisah ni’mat kita dengan Halusnya Allah swt.



8.9.  RAHASIA PERSETUBUHAN.
Sebelum melaksanakan malam pertama bagi pengantin baru (juga bagi pengantin lama kalau belum pernah melaksanakannya), hendaknya melakukan terlebih dahulu “Nikah Batin”.
Seorang suami jangan hanya mengawini isterinya hanya tubuh kasarnya saja, tapi yang harus dikawininya ada 6 (enam) macam, yaitu :
1)    Tubuh;
2)    Hati;
3)    Nyawa;
4)    Rahasia;
5)    Tubuh Halusnya (Alusu’na);
6)    Cinna’na (Maunya).
Seorang suami harus meminta halalnya dari isterinya keenam macam itu.
Kalau tidak tahu silahkan tanyakan kepada yang tahu.
-     Dimisalkan makanan yang telah dihidangkan :
-    Maka sebelum dimakan diucapkanlah dzikirnya Tubuh (  ),  Hati  (  ),  Nyawa (  ),  Rahasia (  ).
-    Pada suapan pertama    : dikatakan A (  ),     Tidak disetuh lidah. Inilah suara mula jadi.
-    Pada suapan kedua    : dikatakan I, U (  ), jangan disetuh lidah. Inilah “Junnu”. Selamat dunia & akhirat.
-    Jika sudah berulang-ulang kali suapannya, dikatakanlah A (  ) sebab itulah yang tidak disentuh tulisan, jangan dilupakan sampai selesai.
Beginilah cara Ali dengan Fatimah.
Tambahan :
-    Dalam buku Yoga dan sex, dalam waktu sekejap mata, sepasang suami isteri yang mencapai klimax dari hubungan sexnya, akan lebih dekat dengan Allah swt.
Justru itu jangan kerja seperti alu, tidak ada hasil. Jadi kalau kerja pasti ada hasilnya. Apakah :
-    Manusia berilmu?
-    Manusia berpangkat?
-    Manusia berharta?, dsb.
Mudah-mudahan mengerti maksudnya.


BAB  IX
BEBERAPA WACANA.

9.1. DIALOG RASULULLAH MUHAMMAD SAW. DENGAN NABI KHAIDIR A.S. TENTANG PERMULAAN.
- Nabi Khaidir a.s.    :    Bagaimana yang dikatakan “Awal Permulaan”?
→    Nabi Muhammad saw.    :    Barang siapa yang mengetahui tentang awal permulaan ini, maka Allah Swt, mengampuni segala dosa-dosanya serta kedua orang tuanya, begitu pula segenap sanak keluarganya dan familinya, jauh maupun dekat, diampunkan segala dosa-dosanya dunia dan akhirat.
Sewaktu kita masih berada di dalam pengetahuan Allah Swt., kemudia pindah kepada kenabian (alam nubuah) dan juga kita masih pada Angin, Air, dan Tanah.
- Nabi Khaidir a.s.    :    Siapa nama kita pada awal permulaan, dan pada Allah Ta’ala, serta padaJibril?
→    Nabi Muhammad saw.    :   
    Adapun mula-mula nama kita pada Allah Ta’ala :
-    bagi laki-laki bernama ALI”
-    bagi perempuan bernama “FATIMAH”.
    -    Pada
-    Pada
-    Pada
-    Pada
-    Pada
-    Pada
-    Pada
-    Pada     Jibril
Nabi
Api
Angin
Air
Tanah
Ibu
Bapak    Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama     Manni Hitani
Taahu (  )
Ahdihi
Ahduhu
Manni Ahwu
Mannikam Laahu
Manni Ahduhu
Manni Ahdihi
    -    Sewaktu kita tinggal pd Darah
-    1 bulan di dalam rahim ibu
-    2 bulan di dalam rahim ibu
-    3 bulan di dalam rahim ibu
-    4 bulan di dalam rahim ibu
-    5 bulan di dalam rahim ibu
-    6 bulan di dalam rahim ibu     Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama
Bernama    Manni Haffapa
Alifas
Tauhid
Ma’lumun
Malakaa
Falakaa
Waktu Subuh
    -    7 bulan di dalam rahim ibu     Lengkaplah Tubuh, maka dibacakan “Al-Hamdu”
    -    8 bln di dalam rahim ibu    Dibacakanlah “Qul Huwallaahu Ahad”
    -    9 bln di dalam rahim ibu     Maka Tuhan berkata: Bersiap-siaplah untuk keluar ke dunia, disambut dengan malaikat dan rezeki yang murah, banyak, atau sedikit, demikian pula umurmu panjang atau pendek.
Berkata syahadat pada Tuhan: Saya takut yaa Tuhan.
Kenapa engkau takut sedang Aku yang menyuruhmu?
Saya takut sebab saya belum tahu siapa namamu yaa Tuhan.
Tuhan berkata Alif (  ) namaku.
Syahadat berkata kalau begitu sama dengan kita.
Tuhan berkata : Siapa namamu?
Syahadat berkata Alif (  ) juga namaku.
Kalau begitu sama namamu dengan nama-Ku.
Ketahuilah Aku agar engkau Ku ketahui juga. Kenalilah Aku agar engkau Ku kenal pula.
Dengan cara bagaimana aku mengetahui yaa Tuhan?
Tuhan menjawab: “Yaitu dengan baris diatas (A =  )”.  Itulah sebabnya tangis pertama bayi lahir kedunia.

9.2. PESAN SYEIKH ABDUL QADIR JAILANI.
Bila ada orang yang bertanya kepadamu, bagaimana pengetahuanmu pada Allah Ta’ala sehingga engkau dinamakan orang yang berma’rifat.  Katakanlah kepadanya: “saya mengetahui dengan pengenalannya sendiri, tempat saya melihat dan mengetahui, artinya dengan pengetahuannya saya mengetahui, dengan pengenalannya saya mengenalnya”.
Ketahuilah olehmu tentang “Rahasia Mati” sebelum mati.
Barang siapa yang telah mengetahui hal tersebut, berarti itulah orang yang telah mempersiapkan dirinya bagi Tuhannya, dan Tuhanpun tersedia baginya.
Yang dimaksudkan ialah :
-    Mandikan dirimu, bukan dengan air;
-    Bungkus dirimu, bukan dengan kain kafan;
-    Sembahyangi dirimu sebelum matimu;
-    Kuburkan dirimu, bukan dengan tanah.
Karena sesungguhnya Tuhan telah berkata bahwa bagi hamba-Ku yang demikian itu, itulah yang tidak bercerai dengan Aku, dan lepas dari segala tuntutan dunia dan akhirat. Itulah hamba yang beriman sungguh-sungguh dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah Ta’ala semata.
Adapun kematian itu ada 4 (empat) tingkat, yakni :
1)    Kematian Syariat    :    Yaitu mengucapkan dzikir 
( Laa ilaaha Illallah ) pada akhir kematiannya;
2)    Kematian Thariqat    :    Yaitu mengucapkan dzikir 
( Allah, Allah… ) pada akhir kematiannya;
3)    Kematian Haqiqat    :    Yaitu yang mengucapkan dzikir
( Huwa, Huwa… ) pada akhir kematiannya;
4)    Kematian Ma’rifat    :    Yaitu mengucapkan dzikir 
( Ah, Ah,…. ) pada akhir kematiannya;

→    Tanda-tanda Kematian Syariat    :    Yakni Hancur tubuhnya dalam kubur;
→    Tanda-tanda Kematian Thariqat    :    Yakni tubuhnya tidak rusak dan kering;
→    Tanda-tanda Kematian Haqiqat    :    Yakni Tubuhnya utuh dan rambutnya serta kukunya bertambah panjang, wajahnya bercahaya-cahaya.
→    Tanda-tanda Kematian Ma’rifat    :    Yakni tubuhnya lenyap dalam kubur, diambil oleh Malaikat, dibawa ke Tanah Suci menjadi “Wali Allah”.

→    Yang dikatakan “sudah membungkus diri sebelum mati”, ialah: Lenyapkan Tubuhmu kedalam hatimu.
→    Sudah memandikan diri sendiri bukan dengan air, ialah : Lenyapkan dirimu dilaut adanya Allah.
→    Sudah menyembahyangi diri sendiri, ialah Rahasiamu lenyap pada Nur Muhammad, Nur Muhammad lenyap pada Nur Allah.
→    Tetapkan hatimu dalam keyakinan bahwa Tuhan itu Esa adanya.
→    Bila sudah ada nur yang tiada seumpamanya, sedang masih ada perasaan sakit dirasakan, itu belum yang sebenarnya. Jangan diikuti.
→    Bila sudah merasakan ketenangan dan kenikmatan semata dan seluruh perasaan telah sujud, berarti yakinilah bahwa Tuhanmu telah ada, apakah ada Nur atau tiada, berangkatlah. Insya Allah anda telah selamat.
9.3.  SYEIKH AHMAD.
-    Adapun hikmah yang dikehendaki dalam Shalat Subuh itu, yakni mensucikan seseorang daripada kelupaan dan kelalaiannya, sehingga menetapkan hadapannya semata-mata kepada Allah Ta’ala yang tiada seumpamanya sesuatu. Itulah sebabnya maka tidak ada shalat sunnah sesudah Shalat Subuh.
-    Adapun yang dikehendaki dalam Shalat Dhuhur itu, yaitu: sucikan pandanganmu melihat ke-Esaan serta kesempurnaan Allah Ta’ala sampai memasuki waktu Ashar.
-    Adapun yang dikehendaki dalam Shalat Ashar, yakni sucikan dirimu serta himpunkan penglihatan sempurnamu menghadap pada Himpunan Allah (Tauhid) Yang Maha Esa. Itulah sebabnya tidak ada shalat sunnah dibelakang shalat ashar.
-    Adapun yang dikehendaki dalam Shalat Maghrib, yakni sucikan pendengaranmu, penglihatanmu, serta kata-katamu.
-    Adapun yang dikehendaki dalam Shalat Isya’, yakni sucikan kegelapanmu menuju yang terang, artinya hilangkan keakuanmu, serahkan dirimu kepada yang punya diri (pencipta). Jelasnya hanya Allah swt yang berkuasa, berkehendak, yang hidup seterusnya, tiada yang lain.
-    Adapun yang dikehendaki dalam Shalat Witir, yakni menetapkan ingatan lahir dan bathin, tertuju kepada Allah semata-mata, demi untuk dank arena Allah semata.
9.4.  KEYAKINAN PUTUS.
Bagi orang yang telah memiliki keyakinan yang putus adanya maka tiada lagi hal yang tersembunyi baginya, bahkan Tuhannya itulah yang paling nyata dalam segala hal.
Baginya tiada perbedan diwaktu hidup didunia dan diakhirat. Mereka telah yakin bahwa hidupnya itu tidak akan mengalami kematian, sekalipun kelak akan berpisah dengan tubuhnya.
Dalam arti men-Tuhankan Allah swt. itu adalah menyadari seluruh jiwanya bahwa segala bentuk serta penghayatan dirinya, pada Tuhannyalah ia mengharapkan. Sebab segala yang ada adalah hak dan milik Tuhan, bahkan dirinya sendiri telah bukan lagi miliknya. Mereka telah menyadari bahwa ke-aku-annya selama ini adalah “palsu” belaka.
Adapun yang bernama itu, laksana gelombang dengan air lautan. Bila gelombang itu telah tiada (sirna), maka yang ada hanya lautan itu sendiri. Jelaslah dalam hal ini bahwa gelombang itu adalah merupakan sifat dari lautan. Laksana bayang-bayang dengan yang punya bayang-bayang.
Dengan demikian tiadalah bedanya jika kita menyadari hal ini bahwa yang bathil itu, bathil sejak dahulu, sekarang maupun akan datang.
Sebaliknya bahwa “Haq” itu awal tak berpermulaan akhir tak berkesudahan, tiada ia dicakup oleh ruang dan waktu, nyata ia dibalik segala yang dinyatakan.
Siapakah dia?
Dia itulah yang sebenar-benarnya hakikat diri kita yang tak dapat diragu-ragukan lagi.
Bahwa Dzat itulah yang bersifat, artinya bahwa hidup kita ini adalah kenyataan sifatnya, dan yang bersifat itulah yang menghidupi segala sesuatu.
-    Jadi yang menjadi Hidup (Nyawa) Muhammad dinamai “Titik”, artinya Rahasia.
-    Sedangkan yang dinamai “Rahasia” adalah Nur Zat.
-    Yang menjadi sifat itu adalah yang dinamai “NUR”, artinya Nur yang tidak berubah-ubah (hidup yang tidak berubah).
-    Adapun Jiwanya (Nyawa) adam, adalah Alif (  ), artinya Himpunan, maka Nyawa namanya.
-    Jadi Nyawa itu ada 2 (dua), yaitu;
1.    Nyawa yang dinamai “Titik” adalah Nyawanya Muhammad;
2.    Nyawa yang dinamai “Alif” adalah Nyawanya Adm.

-    Inilah yang tiga tidak berpisah





Jadi bila hal tersebut telah menyata pada kita, berarti kita telah menyaksikan (melihat) buktinya sempurna.dengan demikian maka selamatlah andauntuk selama-lamanya, kekal abadi dunia akhirat. Inilah dapat dikatakan “kesempurnaan ilmu” atau kepastian ilmu.
Segala yang dijadikan itu adalah bayang-bayang pada Tuhan. Sedang bayang-bayang dengan yang punya bayang-bayang adalah “Satu”. Gerak bayang-bayang itu adalah geraknya yang punya bayang-bayang.
Yakinkan dan jangan ragu-ragu lagi nanti salah.
“NYAWA”      menurut     Syariat    = NYAWA     namanya;
     menurut    Thariqat    = NUR     namanya;
     menurut    Haqiqat    = ZAT ALLAH    namanya;
     menurut     Ma’rifat     = TIDAK ADA YANG LAIN KECUALI ALLAH.   


9.5.  NABI MUHAMMAD SAW DENGAN ANAKNYA FATIMAH.
Nabi Muhammad saw berkata kepada anaknya: “Hai Fatimah, apakah engkau masih ingat yang telah saya katakana padamu?” Fatimah menjawab: “Ya saya ingat semuanya”
Ingatlah sebuah “kata” yang tak berpisah dengan Tuhan, yaitu sewaktu Tuhan memesrahi sesuatu, yakinkan dalam hatimu yang bersih.
Barang siapa yang menemukan pengenalan yang sesungguhnya didalam kehendak Tuhannya, itulah orang yang memakai: Penglihatan Tuhannya ia melihat, Pendengaran Tuhannya ia mendengar, dengan kata Tuhannya ia berkata, dan katakanlah nama itu tidak berpisah dengan yang punya nama.
Janganlah merasa ragu dalam hatimu, itulah sebabnya sehingga ada yang dikatakan: “Kepastian Ilmu” atau Ilmil Yakin, Haqqul Yakin.
Yakinkan dalam hatimu, tidak berpisah dengan Tuhanmu serta Rasulnya. Sebab haqiqat NYAWA yang suci itulah yang dinamakan “Muhammad” artinya orang yang dicinta.


Artinya: Insan itu Rahasia-Ku, dan Aku Rahasianya.
Kuatkan Tauhidmu pada Allah swt.
Adapun pengertian sebenarnya kalimah:
                                                ( Laa Ilaaha Illallah),
    yaitu      “TIADA ASALKU YANG SELAIN DARI ALLAH TA’ALA”
Nabi Muhammad saw berseru kepada seluruhumatnya:
    “Ketahuilah dirimu didalam dirimu”
Yakni: ada 4 (empat) : Rahasia, Nyawa, Hati, Tubuh.
1)    Rahasia     itu     Nur Zatullah
2)    Nyawa     itu     Nur Sifatullah
3)    Hati     itu     Nur Asmaullah
4)    Tubuh     itu     Nur Af’alullah.
Dari ke 4 (empat) tersebut diatas, 3 (tiga) yang dapat melihat pada Allah.
Allah itulah yang menjadikan semesta alam beserta isinya dan berubah-ubah, Tuhan juga yang meliputi, menembus, memesrahi beserta isinya.

9.6.  SYEIKH LUKMANUL HAKIM DENGAN ANAKNYA INDRAJAYA.
As-Syeikh Lukmanul Hakim bertanya kepada anaknya : “Apa sebabnya Al-Fatihah dibaca dalam shalat”?
Indrajaya menjawab:  “bahwa shalat lima waktu berasal dari surah Al-Fatihah; pada awalnya, yaitu:
Al-Hamdu terdiri dari lima huruf yaitu : Alif (  ), Lam (  ), Ha (  ), Mim (  ), Dal (  ).
Allah swt menjadikan waktu yang lima itu sebagai berikut :
1)    Waktu     Dhuhur    : dijadikan dari huruf    (  )    Alif    -  nya     Al-Hamdu;
2)    Waktu     Ashar    : dijadikan dari huruf    (  )    Lam    -  nya     Al-Hamdu;
3)    Waktu     Maghrib    : dijadikan dari huruf    (  )    Ha      -  nya     Al-Hamdu;
4)    Waktu     Isya’    : dijadikan dari huruf    (  )    Mim    -  nya     Al-Hamdu;
5)    Waktu     Subuh    : dijadikan dari huruf    (  )    Dal    -  nya     Al-Hamdu;

7 komentar:

  1. halo gan,itu nama/judul kitabnya apa ya..ini yang selama ini saya cari..tolong kasih tau saya judulnya dan penulisnya help..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tasauf jalaliyah (syeh abd qadir jailani)

      Hapus
    2. Tasauf jalaliyah (syeh abd qadir jailani)

      Hapus
  2. Assalamu alaikum,tolong untuk Bab 1 sampe bab 6 nya gan.

    BalasHapus
  3. Baca ini rasanya harus ada pendampingan

    BalasHapus
  4. Ma'af kayaknya penjelasanya masih kurang lengkap, tolong dilengkapi agar saya si bodoh ini dapat memahami Terima kasih...

    BalasHapus
  5. halo gan... ada kata2 sy baca missaleng nya muhammad.... tolong apa artix atau maksudx... help

    BalasHapus